Home » , » Tips Pepes Semakin Lezat

Tips Pepes Semakin Lezat

Pepes ikan adalah satu masakan asli Indonesia yang bisa dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti ikan, ayam, jamur, tahu atau bahan lainnya. Mengolah pepes harus memperhatikan berbagai tips berikut agar hasilnya lezat dan tidak mengecewakan.

Pakar kuliner ternama, William Wongso kepada Okezone memberikan beberapa tips saat membuat pepes agar rasanya semakin lezat, Kamis (23/4/2015).

Gunakan bahan yang segar
pepes ikan


Pepes jenis apapun yang dibuat, sebaiknya pastikan dahulu jika bahan yang digunakan adalah bahan segar yang berkualitas. Bahan yang segar, misalnya ikan segar akan menghasilkan pepes yang enak karena bahan segar akan mengeluarkan rasa yang manis dan gurih.

Pakai banyak bumbu

Membuat pepes harus menggunakan bumbu yang cukup banyak agar rasa bumbu bisa meresap ke dalam bahan pepes. Apalagi untuk mengolah pepes ikan, bumbu yang banyak bisa mengurangi bahkan menghilangkan bau amis dari ikan. Bumbu yang digunakan sangat sederhana yakni hanya bawang merah, bawang putih, cabai dan kunyit. Lebih baik lagi jika menambahkan daun kemangi pada pepes.

Bakar hingga benar-benar matang

Pepes dimasak dengan teknik dibakar. Biasanya bahan pepes dibuat dari bahan mentah, maka harus dimasak perlahan hingga benar-benar matang. Secara tradisional orang membakar pepes menggunakan genteng, yakni dengan meletakkan genteng di atas kompor kemudian pepes diletakkan di atas genteng tersebut.

Namun, cara tersebut kini sudah ditinggalkan karena sekarang orang lebih memilih menggunakan wajan datar. Apapun alat yang digunakan, memasak pepes harus dengan perlahan agar pepes benar-benar matang. Gunakan api kecil dan jangan terlalu sering membolak-balikkan pepes.

0 komentar:

Posting Komentar